Cara Membuat Backsound Game FIFA N-Gage 1.0

Cara Membuat Backsound Game FIFA N-Gage 1.0 - itulah topik pokok yang akan Galang Sukses Blog bahas pada posting malam ini.Banyak sekali kawan-kawan saya di FB yang menanyakan tentang  Cara Membuat Backsound Game FIFA N-Gage,dan baru pada kesempatan kali ini lah saya akan menjawabnya secara detail.Seperti yang kita ketahui bahwa game-game pada platform symbian sangat mudah untuk dimodifikasi,baik secar langsung pada ponsel atau memerlukan software tambahan pada HP maupun dengan bantuan PC.Terutama pada game yang berformat .sis ,bisa dengan mudah dibongkar file system-nya dan bisa dirubah sesuka hati nilai value didalamnya.Pada post ini saya akan memberitahu tentang Cara membuat backsound sendiri pada game FIFA.Bisa dipraktekkan baik pada FIFA 2004,2005,bahkan yang editan juga bisa,misalnya PES 2015.Awal saya mengetahui tutorial ini bermula ketika saya mengedit Backsound untuk game PES 2006 2 tahun yang lalu.Lalu seketika terlintas difikiran saya untik mencobanya pada game HP saya,yaitu FIFA.Dan setelah mencoba berkali-kali,akhirnya saya berhasil.Tutornya juga sederhana dan tidak ribet.

Sebelum praktek,silahkan download Software-software PC yang dibutuhkan terlebih dahulu dan baca juga infonya :

  • PES Sound Editor v1.8 ,karena lebih mudah dalam penggunannya.Password file RAR dan untuk mendownload file adalah : galangsukses

downloadnk.png
  • AudaCity v2.0.6 ,versi terbaru dan lebih cepat dalam menconvert audio.
downloadnk.png

  • Catat Nama folder gamenya.FIFA 2004 -> 6RAV ,FIFA 2005->6R53 ,PES 2015->PES!.Masing-masing folder terletak pada directory E:/System/Apps/DISINILAH LETAK FOLDER GAME/wav(letak berbagai audio gamenya).
  • Berdo'a menurut Agama dan Kepercayaan masing-masing agar proses berjalan dengan lancar dan diberi kemudahan.

Setelah mendownload 2 buah software di atas,mari kita mulai prakteknya :

1. Persiapkan File audio berformat .mp3 untuk diconvert menjadi backsound FIFA.Dalam percobaan ini saya menggunakan lagu dari Band Gun n' Roses berjudul Sweet Child o' Mine.Saya sarankan untuk membuat folder bernama BackSound N-Gage,dan taruh lagu tadi di folder tersebut agar mudah mencarinya.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

2. Cari bagian mana yang ingin anda ubah audionya.Dalam percobaan ini saya ingin mengubah audio yang bernama music_gusanito.wav yang terletak pada directory E:/System/Apps/6R53/wav/music_gusanito.wav ,saya sarankan backup terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin bisa terjadi

Membuat Backsound FIFA N-Gage

3. Catat baik-baik durasi audio tersebut,anda bisa melihatnya pada bar info yang terletak pada bagian bawah.Pada gambar diatas terlihat bahwa ,durasinya adalah 2 Menit 12 Detik dan berformat .wav.

4. Buka software AudaCity ,lalu pilih Menu Berkas (Terletak di pojok kiri atas),kemudian klik Buka.Lalu cari letak dimana anda menaruh file yang ingin anda convert tadi.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

5. Lalu tunggu sebentar sampai proses load selesai.Maka akan muncul gambar seperti gelombang-gelombang berwarna biru.Anda geser pada posisi waktu 2 Menit 12 Detik dengan meng-klik kiri kursor pada gelombang tersebut.Kalau anda menghendaki durasi kurang dari 2 Menit 12 Detik itu tidak masalah,namun jangan melebihi agar tidak terjadi error.Langkah selanjutnya adalah Men-Cut audio yang tidak berguna dengan cara memblok sisa waktu yang tersisa sampai habis.Jadi hanya menyisakan audio yang anda pilih saja.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

Setelah berhasil memblok sisa audio, potong dengan meng-klik tombol icon CUT seperti yang ditunjukan tanda anak panah berwarna hitam pada gambar diatas.

6. Setelah selesai,simpan audio ini dengan cara pilih Menu Berkas->Export Selected Audio.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

Meskipun sebenarnya anda bisa langsung mensave dengan format .wav tapi kemungkinan akan terjadinya error sangat besar.Jadi simpan dengan format .mp3 dan rename filenya dengan audio yang ingin  anda ganti pada FIFA.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

7. Kemudian akan muncul menu sub bab info,pilih saja OK.

8. Tugas AudaCity sudah selesai.Buka software PES Sound Editor.Untuk memasukkan mp3 bisa dengan klik tombol add atau dengan men-drag (menggeser) audio ke baris file Di PES Sound Editor.Ubah format ADX menjadi WAV.Lalu klik tombol NEXT-> untuk melanjutkan proses.

Membuat Backsound FIFA N-Gage

9. Setting seperti pengaturan berikut :

Bit Resolution = 8 Bit
Channel = Mono
Simple Rate = 8000 Hz
Centang pada menu Use Source Directory,agar tidak kesulitan ketika mencari hasil convert.

Tekan tombol CONVERT-> untuk melanjutkan proses.


10. Tunggu beberapa detik,hingga proses selesai.Buka folder dimana anda meletakkan Audio tadi,maka akan langsung ada audio berformat .wav dengan nama yang anda ubah sesuai keinginan anda.Pada percobaan ini bernama music_gusanito.wav berdurasi 2 Menit 12 Detik. 


11. Ekstrak ke directory E:/System/Apps/6R63/wav/disini.Lalu coba buka gamenya.

12 .Sekarang anda bisa memainkan game N-Gage anda dengan lebih seru dan keren.

PENTING !! Cara diatas berlaku untuk semua file audio wav di game FIFA.Misalnya saja anda ingin mengedit EASPORTS.wav dengan audio lain.Caranya sama persis,anda catat dulu durasinya,dan ikuti tutorial diatas.

NB : Backsound Game editannya sudah saya coba pada ponsel Nokia N70.Dan tidak terjadi error.

Cara Membuat Backsound Game FIFA N-Gage 1.0
Previous
Next Post »